6 Tips untuk mencari lowongan kerja di luar negeri

Places the U.S. Government Warns Not to Travel Right Now | Best Countries | U.S. News

Gaji-gaji yang besar menjadi alasan utama mengapa banyak orang yang beringin untuk mencari kerja di luar negeri. Selain gaji, terdapat juga faktor-faktor yang lain yang membuat banyak orang untuk ingin berkerja di negara yang lain. Misalnya mungkin untuk meningkatkan keahliannya, menambahkan lowongannya ke portofolio.

apakah anda tahu mau ke negara mana untuk mendapatkan kerja?, Berikut ini adalah tips untuk mencari lowongan kerja di luar negeri untuk anda:

1.Tentukan pekerjaan yang kamu inginkan

4 Tips To Stay Committed And Manage Job Search Stress

Sebelum anda mulai mencari lowongan kerja di luar negeri, pastikan anda sudah mencari perkejaan yang diinginkan. apa saja industri yang mau di dapatkan dan juga keahlian yang diinginkan. Setelah anda mempersempit faktor-faktor ini, menentukan kerjaan yang kamu inginkan menjadi gampang. Jika anda tidak dapat menemukan pekerjaan langsung, pertimbangkan pekerjaan yang jangka pendek di mana Anda dapat berkerja untuk sementara waktu.

Misalnya biasanya ada majikan yang sering memberi Anda kesempatan untuk bekerja dalam jangka pendek. bersikap buka untuk memenuhi kebutuhan, seperti belajar bahasa inggris melewati instruktur bahasa inggris. itu bisa membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri atau di tempat asing

2. tentukan negeri mana yang kamu ingin bekerja

Premium Photo | Thinking businessman working in the office at the computer focused man in business clothes thinking about new tasks

Banyak Negeri yang menawarkan kesempatan kerja untuk kandidat internasional yang berkualitas. jika sudah memutuskan jenis pekerjaan yang Anda ingin lakukan, cari negeri yang anda tertarik untuk tinggal di Fasilitas pilihan sendiri.

bercoba untuk mengeksplorasi negeri tersebut untuk lebih memahami lokasinya dan membuat koneksi tatap muka. ini juga merupakan peluang bagus untuk mengatur pertemuan langsung atau wawancara dengan calon pemberi kerja.

3. cari pekerjaan yang menarik kamu

20+ Man Looking Around Illustrations, Royalty-Free Vector Graphics & Clip Art - iStock

Setelah Anda tahu apa pekerjaan yang diinginkan dan dimana anda ingin melakukannya, Mulailah pencarian kerja internasional Anda. Berikut ini adalah beberap sumber-sumber untuk mencari pekerjaan di luar negeri:

  • Media-media asing

Mendapatkan wawasan tentang industri yang lain dapat membantu dengan pencarian kerja anda. Mengikuti media asing dapat membantu anda lebih memahami budaya negara dan peristiwa terkini jika muncul selama wawancara kerja tersebut.

  • Sosial media dan networking

Apakah anda mempunyai akun social media?, misalnya seperti twitter dan instagram jika punya maka bisa meneggunakannya untuk mencari pekerjaan di luar negeri. Anda juga dapat menggunakan jaringan ini untuk mencari pekerjaan, berjejaring dengan profesional, berbagi portofolio anda dengan pengikut, dan membangun merek profesional anda.

Bantu upaya anda dengan membuat dan memperkuat kenokesi yang sudah dibuat di tempat yang anda ingin kerja. Sekolah atau perusahaan anda mungkin memiliki informasi berguna yang anda dapat manfaatkan untuk menemukan pekerjaan di luar negeri atau mencari tempat tinggal setelah anda mendapatkan pekerjaannya.

  • Bursa kerja

Beberapa bursa kerja memiliki  majikan internasional. Temukan bursa kerja yang menyelenggarakan  peluang di luar negeri dan temui perwakilan perusahaan di kota terdekat anda dengan mencari acara secara online.

  • Papan pekerjaan online

Banyak majikan internasional yang memposting posisi terbuka di berbagai papan pekerjaan online. Papan kerja internasional tentu saja dapat berguna  dalam menemukan posisi di luar negeri yang khusus negara dapat membantu kamu menemukan pekerjaan yang tidak tercantum di situs standar.

Halaman karir perusahaan

Halaman karir perusahaan memungkinan Anda melamar posisi terbuka langsung di situs web perusahaan. Papan kerja internal ini juga mungkin mempunyai lebih banyak informasi terikini daripada daripada layanan external.

Beberapa perusahaan multinasional besar mengizinkan anda untuk pindah ke cabang di luar negeri. Jika anda sudah dipekerjakan oleh perusahaan semacam itu, pertimbangkan untuk menghubungi atasan Anda untuk menuntunkan apakah ini merupakan opsi dengan perusahaan Anda saat ini.

4. Ajukan visa atau lisensi kerja

Cara Membuat Visa untuk Jalan-jalan ke Luar Negeri

Karena beberapa pemberi kerja memerlukan anda untuk visa atau lisensi kerja untuk bekerja dengan mereka, penting untuk memulai prosesnya sesegara mungkin terutama sebelum anda pindah ke negara tempat Anda ingin bekerja. Dalam beberapa kasus, calon majikan anda harus menuju untuk mensponsori anda sebelum dapat mengeluarkan izin kerja atau visa.

Hubungi perusahan yang Anda minati untuk menentukan apakah mereka dapat memenuhi Anda persyaratan ini. Situs kedutaan pemerintah asing juga dapat memberi Anda informasi mengenai aturan ketenagakerjaan negara mereka.

5.Lokalkan resume anda

4 Keys To A Well Written Resume

Seperti halnya pekerjaan apa pun, selalu penting untuk menyesuaikan resume Anda agar sesuai dengan pekerjaan yang anda diterapkan. mengacu pada posting pekerjaan dan bila berlaku gunakan kata kunci yang digunakan dalam deskripsi. Kata kunci yang anda gunakan di resume Anda harus sesuai dengan bahasa dari negara tersebut. Juga bermanfaat untuk menerjemahkan resume Anda ke dalam bahasa resmi jika Anda fasih

hal satu lagi yang penting itu untuk mematuhi standar dan harapan dari resume apa pun. Misalnya, beberapa negara mungkin lebih menyukai resume dua halaman resume yang lebih detail daripada resume yang lebih banyak dan tidak rapih atau yang lebih pendek dan ringkas. Resume kamu harus mencerminkan tidak hanya pekerjaan yang Anda terapkan tetapi juga lingkungan budaya perusahaan.

6.Menerapkan pekerjaannya

Pentingnya Penerapan K3 di Perkantoran ! | Informasi Kesehatan

Setelah Anda mengumpulkan materi aplikasi dan memperbarui resume Anda, Berpikirlah untuk untuk meminta tolong kepada anggota keluarga atau teman untuk mengoreksinya. Selesaikan, Buat surat lamaran, kirimkan lamaran kerja Anda dan bersabarlah saat Anda menunggu kabar.

  • Hal-hal yang perlu dipikirkan ketika mendapatkan kerja di luar negeri 

Ada beberapa hal yang perlu dipikirkan yang harus diperhatikan saat saat memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Anda dapat bekerja melalui agen, mendapatkan visa untuk bekerja selama liburan, menjadi sukarelawan atau mencari pekerjaan penuh waktu atau paruh waktu.

Sebelum anda mencari pekerjaan di negara lain, penting untuk membuat keputusan strategis berdasarkan faktor faktor yang tersebut:

  • Bahasa yang beda

Pekerjaan anda di luar negeri mungkin mengharuskan Anda untuk berkomunikasi dalam bahasa lokal resmi. Jika Anda menemukan pekerjaan tertentu yang Anda minati , telusuri bahasa wajib yang perlu anda mahami,ketahui dan juga pastikan bahwa anda mampu mempelajarinya dan mencapai tingkat keahlian yang diperlukan pada waktunya.

  • Wawancara yang tidak biasa

Meskipun tidak jarang, Anda mungkin harus mempersiapkan video chat atau wawancara lewat telepon dengan calon atasan Anda. Ini terutama benar jika anda berencana untuk bekerja di perusahaan yang lokasinya jauh dari lokasi anda saat ini.

  • Beda waktu daerah

Jika anda ingin berencana untuk berkerja di luar negara lain dan anda memiliki wawancara telepon atau video call yang penting, ini penting untuk memikirkan perbedaan waktu. itu juga penting untuk menyesuaikan diri Anda dengan daerah waktu lokal setelah Anda mendapatkan pekerjaan dan bergerak karena ini dapat membantu memudahkan transisi Anda.

  • Liburan 

Seperti daerah waktu lokal, banyak negara yang merayakan hari libur yang berbeda. Misalnya, Perusahan di luar Amerika Serikat tidak merayakan thanksgiving, jadi rencanakanliburan anda dengan tepat.


Ikon Disahkan oleh Komuniti

Tinggalkan komentar