Kartu Prakerja Sedang Dievaluasi, Tahap Akhir Sebelum Lolos

Kartu Prakerja merupakan program yang dibuat pemerintah pada tahun 2020 yang berfungsi untuk menjalankan misi ganda sebagai program semi-bansos dan sebagai sarana mengembangkan atau meningkatkan kompetensi angkatan kerja, pekerja yang terkena PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku mikro dan kecil. Pada tahun 2023, program ini mengalami perubahan yakni akan lebih berfokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Jam pelatihan yang sebelumnya diadakan minimal 6 jam waktu belajar diperpanjang menjadi minimal 15 jam. Nilai manfaat yang diberikan oleh pemerintah juga lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya. Total nilai manfaat yang akan diberikan peserta adalah Rp. 4.200.000 dengan bantuan biaya pelatihan Rp 3.500.000.

Selain itu, pelatihan yang diberikan pada tahun 2023 akan berbentuk daring, luring, dan bauran (hybrid). Pelatihan daring akan dilaksanakan dalam bentuk webinar, bukan hanya menonton video seperti tahun-tahun sebelumnya. Kemudian pada program luring serta bauran akan berfokus pada 10 provinsi pada tahap 1. Kesepuluh provinsi tersebut antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Papua, dan Bali.

Program Kartu Prakerja merupakan program ramah difabel dan seluruh masyarakat yang memenuhi syarat boleh mendaftar dan mengikuti program ini. Untuk melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, kamu harus menyiapkan e-mail, nomor Kartu Keluarga, dan nomor HP yang aktif. Kemudian ikutilah tes motivasi dan kemampuan dasar yang merupakan tes seleksi gelombang Prakerja.

Lalu, bagaimana jika pada dashboard Prakerja terdapat status peserta kartu prakerja sedang dievaluasi? Artikel ini akan membahas status kartu prakerja sedang dievaluasi pada dashboard.

Setelah mendaftar Kartu Prakerja dan mengikuti tes seleksi, maka data yang kamu berikan akan dievaluasi bersamaan dengan peserta lain dengan gelombang yang sama. Tulisan ‘sedang dievaluasi’ muncul pada bagian atas serta samping tulisan gelombang yang saat ini dibuka.

Dalam tahap ini proses kartu prakerja sedang dalam tahap evaluasai yang dilakukan oleh pihak manajemen, dan selanjutnya akan diumumkan untuk pengumuman kelolosan gelombang prakerja tersebut

Terdapat 3 tahapan proses kartu Prakerja yang akan dilewati oleh calon peserta. Adapun kedua tahapan tersebut antara lain :

Status kartu Prakerja ‘sedang diproses’ merupakan tanda bahwa data diri calon peserta sedang masuk dalam tahap antrian. Pada tahap ini, proses seleksi akan dilakukan oleh sistem komputerisasi Kartu Prakerja.

Pada tahap ini, status yang tertulis ‘sedang dalam proses seleksi’ bukan menandakan calon peserta lolos dalam seleksi Kartu Prakerja. Namun status tersebut menandakan bahwa data calon peserta sedang diverifikasi dan dilakukan peninjauan ulang.

Program Kartu Prakerja telah terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi, produktivitas, hingga daya saing serta kewirausahaan bagi penerima Kartu Prakerja melalui pelatihan yang diberikan dalam berbagai bidang. Peserta Kartu Prakerja dibebaskan untuk memilih pelatihan sesuai dengan skill dan bidang yang diminati oleh masing-masing peserta.

Tersedia 398 lembaga pelatihan yang bermitra dengan Prakerja, dimana terdapat 6.900+ pelatihan yang telah ditayangkan melalui platform digital dan telah lebih dari 25 juta pembelian pelatihan oleh peserta Program Kartu Prakerja.

Tinggalkan komentar